FTTI dan SMK Negeri 2 Yogyakarta Bersinergi Tingkatkan Pendidikan Kesehatan Mental Generasi Z

Yogyakarta, 03 Juni 2024 – Dosen Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi (FTTI) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tujuan meningkatkan pemahaman mengenai teknologi informasi dalam pendidikan kesehatan mental bagi generasi Z di SMK N 2 Yogyakarta. Kesehatan mental menjadi perhatian penting bagi siswa SMA sederajat, sehingga Dosen FTTI menyelenggarakan PkM dengan tema “Implementasi Alat Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Mental pada Generasi Z Sebagai Upaya Pendidikan Kesehatan Mental di Tingkat Sekolah SMA Sederajat”. Rangkaian kegiatan PkM dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2024, bertempat di Ruang Laboratorium SMKN 2 Yogyakarta.

Tim Dosen yang terlibat dari Prodi Sistem Informasi yaitu ibu Irmma Dwijayanti, S.Kom., M.Eng. sebagai ketua pelaksana dan ibu Kartikadyota Kusumaningtyas, S.Pd., M.Cs. dari prodi Informatika, dan ibu Alfirna Rizqi Lahitani, S.Kom., M.Eng. dari prodi Teknologi Informasi, serta bapak Kharisma, S.T., M.Cs. dan bapak Muhammad Habibi, S.Kom., M.Cs. sebagai fasilitator. Bersama anggota tim mahasiswa Mita Aprilia Damayanti (Sistem Informasi), Ahmad Dhani Difiera (Informatika), dan Nanda Saputri Windi Oktavia (Teknologi Informasi). Kehadiran tim pengabdian diterima dengan baik oleh penanggung jawab sekolah SMKN 2 Yogyakarta yaitu Drs. Agus Waluyo, M.Eng.

Peserta kegiatan ini merupakan siswa-siswi kelas XI dari jurusan Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Peserta dibimbing melalui metode pendampingan yang terdiri dari beberapa sesi, pengerjaan pre-test, penyampaian materi dalam sosialisasi dan diseminasi hasil penelitian, serta praktik penggunaan platform atau tools deteksi dini kepada siswa/i. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa/i tentang kesehatan mental dan penggunaan alat deteksi dini.

Kegiatan PkM yang dilaksanakan menjadi wujud nyata Kerjasama antara perguruan tinggi dan sekolah untuk memberikan dan menciptakan pendidikan berkualitas serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kesehatan mental. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi siswa/i SMA sederajat khususnya SMKN 2 Yogyakarta, terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang kesehatan mental dan mengenali gejala-gejala awal gangguan kesehatan mental. Lihat selengkapnya dapat dilihat melalui tautan berikut https://youtu.be/UoNjli-y4gs

Leave a Reply

Your email address will not be published.