Dosen Sistem Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Raih Penghargaan Tertinggi dalam Kosabangsa 2024

Yogyakarta, 28 Februari 2024 — Dosen Sistem Informasi dari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta telah meraih penghargaan bergengsi di acara Kosabangsa 2024. Adapun mitra dan TTG yang diimplementasikan oleh tim Kosabangsa Unjaya dan IST Akrprind adalah sebagai berikut :

 – Gapoktan Ngudi Makmur : Grup ini terdiri dari 64 orang dan dipimpin oleh Priyono. Mereka menerima hasil implementasi TTG berupa pencacah sampah dan kompos.

– Pokdarwis Arum Jaya : Kelompok ini terdiri dari 56 orang dan dipimpin oleh Akhmad Bahrudin. Mereka menerima instalasi filter air minum swadaya dan penerangan tempat wisata peningkatan fasilitas pariwisata Punthuk Ngepoh bertenaga surya. Selain itu pokdarwis menerima pelatihan dan pendampingan terkait internet marketing.

– KWT Srikandi: Kelompok ini terdiri dari 42 orang dan dipimpin oleh Muslimah. Mereka mendapatkan hasil implementasi TTG dalam bentuk pemasaran digital, pengemasan serta branding untuk produk kripik Menoreh selain itu TTG alat penghisap asap untuk produksi minyak kelapa.

 Progam Kosabangsa 2024 menunjukkan kolaborasi antara dunia akademik yaitu Unjaya dan IST Akrpind serta masyarakat yaitu mitra yang berada di Desa Banjararum. Inisiatif ini memiliki efek berantai yang mampu meningkatkan akses pembangunan, pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Para dosen dari Program Studi Sistem Informasi (S-1) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta meraih penghargaan dalam Program Kosabangsa 2024. Dua penghargaan kategori penting telah diberikan kepada mereka atas penyelesaian dan pencapaian mereka dalam kegiatan pengabdian masyarakat, adapun penghargaan tersebut antara lain :

  1. Konten Terbaik di YouTube : Dua dosen dari Program Studi Sistem Informasi (S-1) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, yaitu Bapak Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs. dan Bapak Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng. berhasil memimpin tim dinamis yang menjadi juara dalam kategori Konten Terbaik di YouTube. Mereka berhasil memikat audiens dengan video-video yang menarik dan informatif yang menampilkan perpaduan antara teknologi dan pembangunan komunitas. Saluran mereka berhasil menarik penonton di seluruh negeri, menawarkan berbagai pendampingan dan pelatihaan tentang praktik pertanian dan pariwisata berkelanjutan dan lokakarya e-commerce.
  2. Pelaksana terbaik ke-2 : Para dosen dari UNJAYA dan rekan-rekan mereka dari Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND menunjukkan keterampilan pelaksanaan yang luar biasa. Upaya kolaboratif ini dipimpin oleh Dr. Edhy Sutanta, Ir. Purnawan, dan Ellyawan Setyo Arbintarso, dan terdiri dari 16 orang yang berdedikasi—6 orang dosen dan 10 mahasiswa. Mereka meningkatkan tiga kelompok mitra di Banjararum, Kulon Progo, Yogyakarta, dengan bantuan Teknologi untuk Pembangunan Berkelanjutan (TTG).
Keberhasilan ini merupakan bukti nyata atas inovasi yang luar biasa dari Dosen Prodi Sistem Informasi. Dengan demikian, keberhasilan ini tidak hanya menggambarkan inovasi yang luar biasa dari Dosen Prodi Sistem Informasi, tetapi juga menjadi bukti konkrit akan kepemimpinan yang inspiratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.