Dosen Prodi Sistem Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta diundang sebagai Narasumber dalam Focused Group Discussion terkait dengan Organisasi Kemasyarakatan di Daerah Istimewa Yogyakarta

pr 22a

Yogyakarta, 22 Februari 2024 – Dalam rangka penguatan aspek kolaboratif dan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dosen Sistem Informasi dari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng., diundang sebagai narasumber dalam acara Focussed Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertempat di Hotel Tara Jl. Magelang No 129 Kricak Yogyakarta. FGD ini bertema “Penguatan Aspek Kolaboratif dan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Melalui Implementasi Peraturan Gubernur DIY Nomor 73 Tahun 2022” dan pada kesempatan ini Hanafi menyampaikan materi berjudul “Optimalisasi Si-Kresno Sebagai Sarana Pemutakhiran dan Inventarisasi Data Ormas”. Ahmad Hanafi juga sebelumnya diundang sebagai narasumber pada kegiatan serupa yang bertajuk optimalisasi Si-Kresno untuk mendukung kegiatan pelaporan Partai Politik yang ada di Provinsi DIY.  

Si-Kresno merupakan singkatan dari Sistem Registrasi dan Pelaporan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Politik DIY. Aplikasi daring ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian dari dosen Prodi Sistem Informasi yang berjudul “Perancangan dan Pembuatan Prototipe Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Hi-Fi Aplikasi Keormasan dan Parpol Menggunakan Metode Design Thinking” yang telah diselesaikan pada tahun 2023. Pengembangan penelitian tersebut adalah dengan membangun sistem informasi yang mampu mengakomodasi kepentingan Kesbangpol Provinsi, Kesbangpol Kota/Kabupaten, OPD, Mitra OPD, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Politik. Aplikasi ini memiliki fitur pendataan ormas dalam hal pendaftaran, pengelolaan profil, data organisasi, verifikasi, pencetakan surat SKT, SKTO maupun STLO. Selain fitur di atas, Si-Kresno juga mampu untuk menerima pelaporan kegiatan dan juga aduan. 

Pengembangan aplikasi ini melibatkan para dosen dan mahasiswa prodi SI Unjaya yaitu Ahmad Hanafi, S.T,. M.Eng selaku Project Manager & UI/UX Designer dan Kharisma S.T,. M.Kom selaku Lead Programmer. Untuk pengujian fitur dan dokumentasi teknis dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengembangan Proyek Sistem Informasi. Selain itu mahasiswa prodi SI yang melakukan magang diberikan kesempatan untuk melakukan dokumentasi perangkat lunak Si-Kresno dan mengetahui implementasi sistem informasi pemerintahan langsung di lapangan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk awal kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah DIY dalam meningkatkan peran serta dan pemberdayaan Ormas di wilayahnya, sekaligus untuk memastikan implementasi Peraturan Gubernur Nomor 73 Tahun 2022 dapat berjalan efektif dan efisien. Acara ini dihadiri pula oleh Inspektorat DIY, staf ahli penyusun Pergub 73 tahun 2022 dan juga ketua Forum Komunikasi Ormas DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published.