3 Tim Prodi Sistem Informasi mendapatkan Hibah dari Program Achmad Yani Preneur 2023 dan Pameran Hasil Karya berbasis Real Live Project

Sleman, 16 Desember 2023 – Festival Achmad Yani merupakan acara penutup dari program Achmad Yani Preneur 2023 yang diadakan oleh Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh tim Yayasan Kartika Eka Paksi, seluruh dosen, staf pengajar, dan mahasiswa UNJAYA yang disponsori oleh Bank BJB dan Bank BSI. Festival ini berlangsung pada hari Sabtu, 9 Desember 2023, dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB yang berlokasi di Kampus 2 UNJAYA (Fakultas Kesehatan). Banyak rangkaian acara menarik, mulai dari pameran dan bazar produk wirausaha mahasiswa, pameran karya dosen dan mahasiswa, hingga pentas musik, tari, dan pencak silat. 

Tidak hanya itu, pada festival ini juga mempersembahkan sebuah talkshow berjudul “Kini Mahasiswa, Esok Pengusaha” yang menampilkan sejumlah pembicara berpengalaman di bidangnya. Pembicara talkshow inspiratif yang hadir yaitu Setyo Hermawan, S.Kep. (Pemilik Setia Farm), Rudi Apriyanto (Pemilik Info Kambing dan Seputar Wisata Agency), dan Gusman Oktavianto (Pemilik Catra.As) yang membagikan wawasan berharga tentang perjalanan mereka dari status mahasiswa hingga menjadi pengusaha sukses.

Pada pengumuman sesi “Achmad Yani Muda Awards”, tim dari Prodi Sistem Informasi memperoleh prestasi kategori usaha terinovatif yaitu Wofbon: Wonton Fish Bone (Inovasi pemanfaatan limbah tulang ikan sebagai subtitusi tepung terigu dalam pembuatan wonton berkalsium) yang beranggotakan Mita Aprilia Damayanti, Deviana Dyah, Catur Setya Dharma, dan Muh. Fathan Alfaruq. Tim Wofbon mendapatkan hibah sebesar 5.3 juta rupiah.

Serta dua tim lainnya juga berhasil meraih hibah pada Program Achmad Yani Preneur 2023, diantara lain De’Djamoe: Jamunya Anak Milenial yang beranggotakan Dennis Fitri Salsabilla Arianti, Laela Tri Wulandari, Latifah Arum Sulistyaningsih, Mela Febianti, Nika Nur Cahayana, dan Azizah Isnaini Istiqomah (Akuntansi). De’Djamoe mendapatkan dana hibah sebesar 7.29 juta rupiah.

Bisnis Pembesaran Ikan Koi Jenderal yang beranggotakan Kostrananda Prawirayudha,  M. Fikry Maulana Ridwan, M. Asyam Saputro, Faisal Dwi Nurwenda, dan Reza Ayu Fadila (Akuntansi). Ikan Koi Jenderal mendapatkan dana hibah sebesar 5.19 juta rupiah.

Mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi juga mengikuti pameran hasil karya mata kuliah Proyek Pengembangan Sistem Informasi (PPSI) dan Proyek Pengembangan E-Bisnis (PPEB) yang diampu oleh  Ahmad Hanafi, S.T., M.Eng. Proyek yang berhasil dipamerkan yaitu SiKresno dari Kesbangpol DIY (Tim Kecebong), Website Tlogo Putri (Tim SatSet), pedoman pembuatan QRIS & Sistem Penjadwalan Tlogo Putri (Interstellar Team), dan berbagai macam Merch UNJAYA seperti baju, gantungan kunci dan sticker.

Keberhasilan ini merupakan bukti nyata atas dedikasi dosen Prodi Sistem Informasi serta ide inovatif yang luar biasa dari para mahasiswa Prodi Sistem Informasi UNJAYA. Prestasi dan karya yang ditampilkan menjadi bukti konkrit atas potensi inovatif yang dimiliki oleh para mahasiswa dalam mewujudkan ide-ide bisnis dan kegiatan yang berdampak positif. Jiwa semangat kewirausahaan mahasiswa dari prodi Sistem Informasi terus berkembang dengan dukungan dana dari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.