Prodi Sistem Informasi Unjaya Turut Melaksanakan Talkshow Peluang dan Tantangan Profesional IT di Era Big Data mengundang Mitra Sekolah

Narasumber Talkshow Valens Riyadi menyampaikan insightnya kepada audiens

Pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 telah diselenggarakan Talkshow yang merupakan pembuka rangkaian kegiatan sertifikasi bagi mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unjaya dengan topik “Peluang dan Tantangan Profesional IT di Era Big Data” di Auditorium Kampus 1. Narasumber yang dihadirkan untuk mengisi acara talkshow adalah Bapak Valens Riyadi, Direktur Utama PT. Citraweb Solusi Teknologi dan juga sebagai trainer dan konsultan MikroTik bersertifikat pertama di Asia. Peserta talkshow selain dari kalangan mahasiswa Prodi Sistem Informasi dan Prodi FTTI lainnya, juga hadir beberapa perwakilan Guru SMK di Jogja diantaranya SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 3 Yogyakarta, SMK Piri 1 Yogyakarta, SMKN 1 Godean, SMKN 1 Seyegan, SMK Muhammadiyah Pakem, SMKN 1 Bantul, dan SMK Muhammadiyah 2 Bantul.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Unjaya, Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs. Aris menyatakan bahwa FTTI Unjaya memiliki visi misi menjadi fakultas yang inovatif, serta unggul dan terdepan di tingkat nasional pada tahun 2037 dalam bidang teknik, teknologi informasi dan technopreneurship, serta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani untuk mewujudkan hal tersebut telah banyak kemitraan yang dirajut oleh fakultas, salah satu diantaranya adalah kemitraan dengan dunia industri. Citranet adalah salah satu mitra FTTI Unjaya yang memiliki kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tidak hanya dari dunia industri, FTTI juga berkesempatan bekerja sama dengan beberapa sekolah, diantaranya SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMP N 4 Samigaluh dan SMK N 1 Tempel, Dekan FTTI ini juga berharap bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi semua mahasiswa peserta dan juga tamu undangan dari dunia pendidikan. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Valens Riyadi sebagai narasumber Talkshow yang menekankan bahwa “Peluang kerja di bidang profesional IT itu sangat luas, salah satunya adalah sebagai ahli jaringan. Dengan adanya sertifikasi MTCNA ini bisa menambah skill dan nilai jual untuk memenuhi tantangan di Era Big Data dan masa depan”.Kaprodi Sistem Informasi FTTI Unjaya, Ahmad Hanafi, S.T,. M.Eng menyampaikan meskipun acara ini bertema tentang sertifikasi jaringan, namun adalah penting bagi mahasiswa SI untuk memiliki pengetahuan di bidang teknologi informasi yang pada gilirannya mampu melengkapi kemampuan manajerial organisasi di mana mereka akan bertindak sebagai perumus kebijakan dan pelaksana di dunia kerja mendatang sebagai analisis sistem dan juga seorang analis proses bisnis. “Visi misi Prodi SI adalah menjadi penyelenggara program studi S-1 Sistem Informasi yang menghasilkan lulusan inovatif, unggul, dan terdepan di bidang profesi Sistem Informasi dan Ilmu Data, serta mewarisi nilai-nilai kejuangan Jenderal Achmad Yani dan Technopreneurship, untuk mewujudkan itu diperlukan uji kompetensi yang mampu menunjukkan bahwa mahasiswa dan lulusan prodi SI memiliki level kecakapan profesional di bidangnya.

Foto bersama Dekan FTTI, Valens Riyadi dengan Audiens Talkshow

Rangkaian kegiatan setelah Talkshow berupa pelatihan dan ujian sertifikasi MTCNA akan diselenggarakan oleh FTTI Unjaya dari tanggal 6 sampai 14 November 2023, bertempat di di Laboratorium 3A, 3B dan 3C, Kampus 1 Unjaya Jalan Siliwangi Ringroad Barat, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Peserta sertifikasi terdiri dari  136 mahasiswa FTTI  termasuk 45 mahasiswa Prodi Sistem Informasi (15 mahasiswa angkatan 2019 dan 29 mahasiswa dari angkatan 2020). Ujian sertifikasi dibagi menjadi 3 batch: Batch 1 tanggal 6 – 7 November 2023, Batch 2 tanggal 8 – 9 November 2023 dan terakhir Batch 3 tanggal 13 – 14 November 2023. Hari pertama pada setiap batch membahas materi dan cara penilaian MTCNA, sedangkan untuk ujian sertifikasi dilaksanakan pada hari kedua pada setiap batch.

Ujian sertifikasi MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) merupakan jendela bagi calon lulusan Sistem Informasi untuk memahami dasar-dasar jaringan dan meningkatkan keterampilan sebagai network engineer pemula. Keberadaan sertifikasi ini memberikan nilai tambah yang signifikan bagi mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompetitif di ranah teknologi informasi. Keterlibatan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unjaya dalam kegiatan ini menandai komitmen mereka untuk terus memperluas wawasan dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi, mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan dalam industri IT yang terus berkembang. Ini adalah langkah proaktif dalam menjembatani kesenjangan antara ilmu teori dan praktik yang diperlukan dalam dunia kerja yang kompetitif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Talkshow dan sertifikasi atau untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Instagram : @si.unjaya | Youtube : @sisteminformasiunjaya8696 | www.siunjaya.ac.id

Tentang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta: Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah lembaga pendidikan ternama yang berdedikasi untuk mencetak pemimpin, pemikir, dan inovator masa depan. Dengan fokus pada keunggulan akademik dan keterlibatan dengan masyarakat, universitas ini terus memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia.

Tentang Sistem Informasi Unjaya: Program Studi berdisplin keilmuan rumpun komputer yang mencetak lulusan dengan profil UI/UX Designer, Programmer, Sistem Analyst, Data Scientist, Pemasar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.