Prodi Sistem Informasi FTTI berkolaborasi dengan SMPN 4 Samigaluh dalam Pelatihan Pemrograman Scratch untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa

Program studi Sistem Informasi dari Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi ikut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan kerjasama dengan SMP Negeri 4 Samigaluh untuk kebermanfaatan di dunia pendidikan. Kerjasama dan kolaborasi ini berupa Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Pemrograman kepada siswa SMPN 4 Samigaluh.

 Pelatihan pemrograman stratch kepada siswa SMPN 4 Samigaluh

Dalam era digital saat ini, pemahaman tentang pemrograman menjadi keterampilan yang sangat penting khususnya untuk literasi digital dan pemahaman teknologi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, program studi Sistem Informasi dari FTTI ikut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Pengenalan Pemrograman Interaktif Menggunakan Scratch”. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2023, bertempat di SMPN 4 Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Tim Dosen Kegiatan Pengabdian yang terlibat dari Prodi Sistem Informasi yaitu ibu Ulfi Saidata Aesyi, S.Kom., M.Cs, dan bapak Choerun Asnawi, S.Kom., M.Kom. dari program studi Informatika, yang diketuai oleh bapak Puji Winar Cahyo, S.Kom., M.Cs. Bersama anggota tim mahasiswa Bagas Dwi Santosa (Sistem Informasi), Nesti Febri Anggraeni (Informatika), dan Dela Oktaviana (Informatika). Kedatangan Dosen dan Mahasiswa disambut baik oleh kepala sekolah SMPN 4 Samigaluh Agus Sugiarto, M.Pd. serta guru-guru SMPN 4 Samigaluh.

Pada program pelatihan ini, siswa-siswi kelas VIII SMPN 4 Samigaluh dibimbing dalam pengenalan dan pengembangan proyek-proyek sederhana menggunakan pemrograman Scratch, sebuah lingkungan pemrograman visual yang memungkinkan siswa untuk membuat animasi, permainan, dan interaksi. Dengan Scratch, siswa dapat belajar konsep pemrograman secara menyenangkan dan kreatif yang membuat proses pelatihan menjadi lebih menarik.

Selama pelatihan, siswa-siswi diajarkan tentang konsep dasar pemrograman Scratch, pemahaman tentang penggunaan variabel, perulangan, pengkondisian, serta pemahaman tentang logika pemrograman. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan ini dengan membuat proyek sederhana yang menggabungkan pemrograman dengan imajinasi dan kreativitas mereka sendiri.

Pelatihan ini memberikan manfaat dari dua sisi yakni untuk siswa dan mahasiswa khususnya mahasiswa program studi sistem informasi. Mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan ini memiliki kesempatan untuk berbagi ilmu dan ketrampilannya kepada siswa SMP serta mendapat pemahaman lebih dalam mengenai Pendidikan dan kebutuhan mahasiswa.

Kolaborasi ini merupakan implementasi nyata kerjasama antara perguruan tinggi dan sekolah untuk memberikan dan menciptakan pendidikan berkualitas serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia di era digitalisasi yang kian pesat. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan dan pengembangan siswa SMPN 4 Samigaluh.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pengabdian Masyarakat atau untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Instagram : @si.unjaya | Youtube : @sisteminformasiunjaya8696 | www.siunjaya.ac.id

Tentang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta: Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah lembaga pendidikan ternama yang berdedikasi untuk mencetak pemimpin, pemikir, dan inovator masa depan. Dengan fokus pada keunggulan akademik dan keterlibatan dengan masyarakat, universitas ini terus memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia.

Tentang Sistem Informasi Unjaya: Program Studi berdisplin keilmuan rumpun komputer yang mencetak lulusan dengan profil UI/UX Designer, Programmer, Sistem Analyst, Data Scientist, Pemasar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.