Pengabdian Masyarakat “Optimalisasi penggunaan fitur yang disediakan oleh Google” di SMP Negeri 4 Samigaluh

Yogyakarta, 8 Agustus 2023Program Studi Sistem Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat di SMP Negeri 4 Yogyakarta dengan skema Non-Insidental. Pelaksanaan secara luring melalui praktik berlangsung pada hari Kamis, 25 Mei 2023 bertempat di laboratorium Komputer SMP Negeri 4 Samigaluh, Yogyakarta yang dimulai jam 08.30 WIB sampai 15.00 WIB. Materi literasi digital yang dikemas ke dalam tema “Optimalisasi penggunaan fitur yang disediakan oleh Google” didalamnya membahas terkait: Etika dan penggunaan Email; Pemanfaatan Google Drive dalam pembelajaran dengan peserta yang mengikuti berjumlah 50 siswa kelas VII.

Foto bersama Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Samigaluh dengan dosen pengabdi dan mahasiswa yang ikut membantu.

Dosen Sistem Informasi yang terlibat yaitu Ulfi Saidata Aesyi, S.Kom., M.Cs. sebagai koordinator pengabdian, serta dosen dari prodi lain yang juga mengikuti pengabdian, yaitu Puji Winar Cahyo, S.Kom., M.Cs. sebagai pembuat kuesioner dan evaluasi, Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng. sebagai pembuat modul pelatihan. Selain itu ada beberapa mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian masyarakat, yaitu Nesti Febri Anggraeni yang membantu dalam pembuatan modul, Bagas Dwi Santosa membantu pelaksanaan pelatihan, dan Yerly Ania Saputri membantu pembuatan pretest dan post test. 

Kegiatan diawali dengan penandatanganan kerjasama yang diwakili oleh Kepala SMP Negeri 4 Samigaluh dengan Ketua Pengabdi. Setelah itu mulai pada pemberian pertanyaan pre-test kepada siswa selama kurang lebih 15 menit untuk mengetahui kemampuan sejauh mana siswa memahami literasi digital: etika penggunaan email dan google drive. Kemudian dilanjutkan materi pertama yang membahas terkait pengenalan literasi digital, didalamnya membahas etika penggunaan internet, siswa diberikan pengetahuan mendasar terkait bagaimana pemanfaatan internet sehat yang menunjang pembelajaran di sekolah.

Target dari pengabdian masyarakat di SMP Negeri 4 Samigaluh, sebagai berikut:

1. Dapat mengetahui materi yang dibutuhkan oleh peserta. 

2. Dapat membuat dan menyelesaikan modul pelatihan Optimalisasi Fitur Google. 

3. Mengetahui tingkat keterserapan materi pelatihan yang diperoleh peserta. 

4. Peserta dapat meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalisasi Fitur Google  

Setelah melakukan pelaksanaan, target tersebut dapat tercapai bahwa literasi digital dengan memanfaatkan fitur google diantaranya adalah email, google drive dan pengetahuan dasar lainnya cukup memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang baru bagi siswa. Untuk status luaran pada pengabdian PkM jurnal penelitian tersebut telah submit di DINAMISIA jurnal pengabdian Sinta 3. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pengabdian Masyarakat atau untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Instagram : @si.unjaya | Youtube : @sisteminformasiunjaya8696 | www.siunjaya.ac.id

Tentang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta: Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah lembaga pendidikan ternama yang berdedikasi untuk mencetak pemimpin, pemikir, dan inovator masa depan. Dengan fokus pada keunggulan akademik dan keterlibatan dengan masyarakat, universitas ini terus memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia.

Tentang Sistem Informasi Unjaya: Program Studi berdisplin keilmuan rumpun komputer yang mencetak lulusan dengan profil UI/UX Designer, Programmer, Sistem Analyst, Data Scientist, Pemasar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.