Dosen Prodi Sistem Informasi melakukan Penelitian dengan Pendekatan Deep Learning Berbasis Convolution Neural Network (CNN)

Yogyakarta, 14 Agustus 2023Dosen Prodi Sistem Informasi Unjaya mengetuai penelitian dengan skema pembiayaan Internal berjudul “Analisis Pendekatan Deep Learning Berbasis Convolution Neural Network (CNN) untuk Klasifikasi Teks Judul dan Deskripsi Halaman Web”. Penelitian dilakukan selama 9 Bulan (Maret 2022 s.d November 2022) yang diketuai oleh Aris Wahyu Murdiyanto, S.Kom., M.Cs. dari prodi Sistem Informasi, dan Muhammad Habibi, S.Kom., M.Cs. dari prodi Informatika.

 Roadmap Penelitian menggunakan Pendekatan Deep Learning

Tahapan penelitian diawali dari tindakan telaah pada sebuah permasalahan serta tujuan yang dicapai dimana kemudian dilakukan tinjauan pustaka dan dianalisis serta dipetakan solusi dengan menentukan sebuah metode penelitian dimana tahapan tersebut telah dilaksanakan sebelumnya. Tahapan yang telah dikerjakan pada penelitian ini adalah melakukan pengumpulan serta analisis data dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan dan pengujian kode program, serta melakukan percobaan pelatihan data dan analisis hasil akurasi klasifikasi yang dihasilkan dari arsitektur yang dibuat.

   Arsitektur CNN yang diusulkan dalam penelitian

Pada proses pelatihan dan evaluasi yang dilakukan pada dataset halaman web yang disediakan oleh DMOZ. Dataset berisi beberapa atribut seperti kategori, judul, dan deskripsi.  Terdiri dari lebih dari satu juta data yang dibagi menjadi 13 kategori: Bisnis, Masyarakat, Seni, Sains, Komputer, Olahraga, Rekreasi, Belanja, Kesehatan, Referensi, Game, Rumah, dan Berita. Lalu diproses menggunakan Deep Learning Berbasis Convolution Neural Network (CNN) dengan mengukur kinerja detail dari arsitektur CNN yang telah diusulkan berdasarkan distribusi dataset setiap kategori halaman web, dengan menghitung precision, recall, dan f1-score. 

Hasil dari penelitian yang telah dikerjakan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, arsitektur CNN yang diusulkan mencapai kinerja yang mengungguli akurasi lima teknologi lain dalam keadaan tercanggih. Penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi peringkat Sinta 4 pada Jurnal Compiler STTA Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pengabdian Masyarakat atau untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Instagram : @si.unjaya | Youtube : @sisteminformasiunjaya8696 | www.siunjaya.ac.id

Tentang Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta: Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta adalah lembaga pendidikan ternama yang berdedikasi untuk mencetak pemimpin, pemikir, dan inovator masa depan. Dengan fokus pada keunggulan akademik dan keterlibatan dengan masyarakat, universitas ini terus memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia.

Tentang Sistem Informasi Unjaya: Program Studi berdisplin keilmuan rumpun komputer yang mencetak lulusan dengan profil UI/UX Designer, Programmer, Sistem Analyst, Data Scientist, Pemasar Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.