Program Studi Sistem Informasi Selenggarakan Online Bootcamp Python Batch 1

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Unjaya berhasil menyelenggarakan kegiatan “Online Bootcamp Python 2021, Batch 1 Pemrogramman Dasar”. Kegiatan ini diadakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu (2/10/2021) dan Minggu (3/10/2021).

Online Bootcamp Python Batch 1 merupakan kegiatan pelatihan online tentang pemrogramman dasar menggunakan bahasa pemrogramman python yang diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Informasi Unjaya yang berkolaborasi dengan Developer Student Club Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (DSC Unjaya). Developer Student Club (DSC) adalah program Google Developers bagi mahasiswa untuk mempelajari keterampilan pengembangan web dan mobile. Jadi DSC ini merupakan sebuah komunitas namun berbasis di kampus atau mahasiswa dan merupakan program binaan dari Google langsung.

Kegiatan bootcamp ini diikuti lebih dari 130 peserta yang berasal dari lingkungan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Unjaya, di karenakan event ini di adakan oleh Program Studi Sistem Informasi maka untuk mahasiswa prodi Sistem Informasi angkatan 2020 dan 2021 di wajibkan untuk mengikuti bootcamp ini agar lebih memahami bahasa pemrogramman python. Namun tidak hanya dari prodi Sistem Informasi saja peserta bootcamp ini tetapi ada dari prodi Informatika, Teknologi Informasi dan Teknik Industri. Kegiatan ini dilaksanakan secara online atau daring melalui aplikasi video conference Zoom. Meskipun dilakukan secara online tetapi tidak mengurangi antusias peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Dalam teknis pelaksanaan kegiatan ini peserta yang sudah join dalam room utama zoom nantinya akan di break out oleh panitia menjadi 6 room break out dimana para peserta akan masuk ke room break out tersebut sesuai dengan mentor yang didapat yang sudah diumumkan sebelumnya oleh panitia. Setelah peserta masuk ke dalam room masing masing mentor, setiap mentor mulai menjelaskan materi yang sudah disiapkan. Untuk memastikan peserta mengikuti apa yang sudah di jelaskan oleh para mentor, setelah penjelasan selesai para mentor mempersilahkan peserta untuk saling bergantian share screen guna menunjukkan kepada mentor hasil praktikum mereka.

Program Studi Sistem Informasi mengadakan kegiatan bootcamp python ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana menguasai dasar pemrogramman python, membantu prodi Sistem Informasi dalam mewujudkan mahasiswa yang mengedepankan IT dan mendorong mahasiswa agar memiliki keterampilan dalam bidang pemrogramman. Setelah mengikuti bootcamp python peserta diharapkan menjadi tahu dan mampu menguasai dasar pemrogramman python, menambah wawasan tentang pemrogramman, serta dapat mengimplementasikan python untuk membuat sebuah program sederahana. Untuk kedepannya Program Studi Sistem Informasi berharap kegiatan ini bisa berlanjut tidak hanya berhenti pada batch 1 saja. Agar tidak terlewat informasi penting dari Program Studi Sistem Informasi Unjaya, bisa follow akun Instagram resmi Program Studi Sistem Informasi di @siunjaya .

Leave a Reply

Your email address will not be published.