Tidak Lulus SNMPTN Bukanlah Akhir Dari Segalanya

Bagi kalian yang sudah menginjak kelas 12 SMA / SMK pasti sedang sibuk sibuknya belajar untuk mempersiapkan diri dalam menempuh Ujian Nasional dan tentunya sudah berfikir untuk masuk ke perguruan tinggi mana yang akan kalian pilih. Mungkin kalian juga sudah tahu untuk masuk ke perguruan tinggi ada beberapa jalur seperti SNMPTN. SBMPTN, dan ujian mandiri. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) disebut juga sebagai jalur undangan adalah seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi dan juga portofolio akademik siswa. Penilaiannya dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih. Adapun kuota daya tampung untuk SNMPTN adalah minimal 20% dari kuota daya tampung setiap program studi di PTN. Untuk biaya pendaftarannya sendiri gratis, alias ditanggung oleh pemerintah.

Namun untuk kalian yang tidak lulus pada jalur SNMPTN tidak usah berkecil hati karena itu bukanlah akhir dari segalanya. Kalian masih bisa menggunakan jalur jalur lain yang tersedia untuk masuk ke perguruan tinggi, seperti kata pepatah “Banyak Jalan Menuju Roma”, jadi jangan menyerah dan teruslah berusaha. Sukses dan tidaknya kita tidak tergantung dari jalur kita masuk ke perguruan tinggi. Dan yang terpenting asalkan kita mau berusaha pasti sukses akan datang dengan sendirinya. Nah For Your Information di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJAYA) juga membuka beasiswa yaitu dengan membuka jalur masuk perguruan tinggi yaitu Jalur Prestasi / PMDK yang dimana kalian akan mendapatkan benefit diantaranya :

  • Beasiswa Potongan Semester 1 hingga Rp. 5.000.000,-
  • Bebas Tes masuk

Nah adapun syarat berkas yang harus di lampirkan saat pendaftaran adalah,

  • Scan identitas Diri (KTP / SIM / Kartu Pelajar)
  • Scan rapor semester 1 s.d 5

Untuk konsultasi online dapat menghubungi via WhatsApp

  • 0813-5000-1965
  • 0851-0186-1996

Nah untuk pendaftaran online nya kalian bisa akses di https://pmb.unjaya.ac.id/jalur-pmdk

Jadi buat kalian yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN tidak usah khawatir dan sedih karena itu bukan akhir dari segalanya, masih banyak banyak jalur yang bisa kalian gunakan untuk masuk ke perguruan tinggi, intinya selama kalian masih mau berusaha pasti akan selalu ada jalan untuk kedepannya. Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (UNJAYA) kita bisa maju dan sukses bersama. Dengan melalui jalur Prestasi / PMDK kalian juga akan mendapatkan banyak benefit sesuai dengan yang sudah tertera diatas. Oleh karena itu kita harus punya banyak rencana untuk satu tujuan tertentu.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi covid 19 kalian daftarnya cukup #DirumahAja ya, jadi kalian tetep harus stay at home, stay safe and stay healthy.

Daftar Pustaka :

https://www.ruangguru.com/ayo-cari-tahu-penjelasan-lengkap-snmptn-sbmptn-dan-ujian-mandiri-masuk-ptn-2019

Leave a Reply

Your email address will not be published.